intermezzo dulu deh

sebenarnya harus ada penjelasan tentang semua ini,mengapa belajar musik harus dimulai dari scales dan modes. begini, musik itu kan terdiri dari nada dan ketukan....nahhhh
pelajaran tentang nada membutuhkan konsentrasi lebih karena mengunakan banyak dari indra kita,yaitu, indra gerak dan perasaan untuk melakukan ketukan,indra telinga sebagai korektor dari ketukan dan juga nada yang dihasilkan.

scales dan modes adalah dasar dari nada musik yang sudah dirumuskan oleh banyak sekali musisi2 handal untuk memudahkan kita mengerti perilaku musik itu sendiri. banyak sekali pemusik termasuk aq sendiri merasakan manfaat dari scale dan mode.

kita bisa menebak dan memainkan lick dari musisi terkenal dengan lebih mudah,tanpa harus repot nyari tablature ato partiture dari lagu mereka.

misalnya lick2 dari joe satriani, kebanyakan dia pake dorian mode dan lydian mode yang dconvert jadi dorian scale dan lydian scale sebagai dasar lick guitar. hal itu bukanlah semacam trobosan baru,karena memang rujukan musik joe satriani berasal dari situ


contoh yang lain lagi, adalah memainkan jenis musik blues dan funk yang dasar scale&modesnya yaitu mixolydian scale.asik banget dengan mengetahui dan memahami sedikit saja scale&mode kita bisa maen berbagai jenis musik lebih luas lagi,tanpa harus banyak terpengaruh lick dari gitaris manapun.

kembali ke topik,root dari belajar musik ialah :
#memahami ketukan dengan mempelajari jenis beat aliran musik
#memahami nada dengan mempelajari scales&modes
setelah pilihan datas terpenuhi, terserah deh mo diapain itu ilmu..........

(harusnya ini intermezzo,koq malah jadi serius??$%$$@#*?)

No comments: