definisi DAW (digital Audio Workstation)

hehehe.... me review DAW tidaklah mudah karena ini teknologi milik para bule, nah mengingat translate dari wiki ini adalah sangat gamblang untuk definisi awalnya,... akan aq lanjutin ke posting yang lebih detail lagi nantinya ..

Berasal dari tahun 1980-an awal, istilah digital audio workstation (DAW) awalnya disebut tape-less, sistem berbasis komputer seperti Synclavier New England digital dan Fairlight hard drive yang digunakan untuk penyimpanan media. Awal DAWs tidak hanya dirancang untuk memutar ulang sampel suara yang dibuat, tetapi juga untuk merekam, mengedit dan memutar kembali track audio digital. Mereka juga cukup mahal. Fitur utama dari DAWs adalah kemampuan untuk secara bebas memanipulasi dan memutar suara yang direkam. User interface sistem masing-masing sangat berbeda karena desainer tidak memiliki contoh sebelumnya untuk merujuk. Hal ini membuat pengguna cukup intens kurva belajar terutama untuk produksi serius atau audio untuk aplikasi gambar. Saat ini, sebagian besar DAWs, DAWs khususnya berbasis komputer, telah merekam MIDI, mengedit, dan kemampuan pemutaran.

Dengan kepunahan dan penggantian DAWs awal dengan keyboard jauh lebih murah "workstation" istilah "DAW" telah berkembang dan sekarang mengacu pada sebuah studio "virtual" program perangkat lunak, umumnya terdiri dari kombinasi multitrack audio dan perangkat lunak MIDI, komputer host dan audio interface hardware - yang terakhir termasuk unit konverter audio untuk analog-ke-digital (ADC) dan / atau digital-ke-analog (DAC) konversi sinyal, dan kadang-kadang sistem DSP untuk audio digital pemrosesan secara eksternal dari pengolahan sendiri komputer host .

Sementara kebanyakan rumah dengan komputer dan software multitrack editing dapat berfungsi sedikit sebagai DAW, istilah ini umumnya mengacu pada sistem komputer yang memiliki perangkat lunak audio profesional dan berkualitas tinggi eksternal hardware ADC-DAC, biasanya dengan beberapa audio input dan output diskrit. Ini kualitas audio interface profesional menawarkan keuntungan sonik atau fungsional jika dibandingkan dengan soundcard konsumen, terutama oleh biasanya memiliki latency lebih rendah (waktu yaitu antara input suara dan mendengarnya diputar ulang oleh DAW itu). Selain memiliki kartu suara high-end, DAWs paling juga memerlukan sejumlah besar RAM, cepat CPU (s) dan ruang bebas drive yang cukup keras. Beberapa DAWs modern, untuk menjaga sisa / tingkat kebisingan latar belakang minimal di lingkungan pemantauan audio, juga fitur power supply tanpa kipas, noise-suppressing hard disk enclosure dan very quiet/passive CPU and system coolers.
 beberapa DAW (digital Audio Workstation) yang keren, yang akan aku coba bahas nantinya diantaranya adalah berikut.:

Steinberg Cubase 5 DAW SoftwareSteinberg Cubase 5 DAW Software

FL Studio 8 Fruity EditionFL Studio 8 Fruity Edition

ACID Pro 7ACID Pro 7

Cakewalk Sonar 7 Home Studio XL Digital Audio Midi Workstation SoftwareCakewalk Sonar 7 Home Studio XL Digital Audio Midi Workstation Software

Synapse Audio Orion Platinum Virtual StudioSynapse Audio Orion Platinum Virtual Studio

M-Audio Pro Tools M-Powered 8M-Audio Pro Tools M-Powered 8

Apple Garageband Jam Pack: Rhythm SectionApple Garageband Jam Pack: Rhythm Section

Samplitude 10 ProSamplitude 10 Pro

masih banyak yang lain, sebisa mungkin akan aku forwardkan linkdonlotz nya...wish me luck

No comments: