belajar musik

apa saja yang dipelajari di musik? berikut ini mungkin bisa bantu... (mumpung aku juga lagi semangat nyari2 artikel2 musik, hehe)
Hal-hal yang dipelajari dalam teori musik, sementara ini yang aku tau dari baca2 di internet, yaitu suara, nada, notasi, ritme, melodi, counterpoint Musik, harmoni, Bentuk Musik, daaaan... teori mencipta lagu.


belajar musik

mau berpanjang-lebar? oukeehh... jangan bosen baca yaaaaa

Suara : suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam pitch/tinggi nada, durasi suara, intensitas, dan timbre (warna bunyi).

Nada : Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling umum adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut.

Nada dalam teori musik diatonis barat, (huakssss..."diatonis barat", anggap saja teori musik modern yang jadi kiblat jaman sekarang), diidentifikasikan menjadi 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C,D,E,F,G,A dan B. Serta nada-nada kromatis yaitu Cis/Des, Dis/Es, Fis/Ges, Gis/As, dan Ais/Bes.

belajar musik




Ritme :Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. ngitungnya ya pakai durasi ketukan. tentukan dulu tempo musiknya, baru lah kasi itu ritme...

tentang kursus musik, seperti kepengen les musik belajar gitar misalnya... ummmm...begini, sah sah aja jika itu berbayar,.. namanya juga nyari duit dijaman gini. justru itu, dijaman gila ini, dengan alat musik standar yang gak terlalu mahal.. daaan, koneksi internet yang memadai..maka, kita semua tidak perlu mikirin gengsi kursus musik purwacaraka atau dipusingkan dengan gimana kita ngbayarin biaya kursus musik yamaha.. mending dibuat beli DVD concert nya Incubus sajaaaaa... make yourself, man!!

lanjuttt...
Notasi musik : adalah catatan tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya. sudah bosan? jangan.. ini paling sulit, padahal juga kupikir2 sangat krusial.. coba kalo kita pengen kerjasama musik dengan bule rusia misalnya--haduh, secara tulisan dan bahasa aja udah bribet banget. notasi musik inilah yang bisa mengkoneksi dan menyampaikan aspirasi(!) kita...


Melodi: Melodi adalah serangkaian nada yang kupikir2, dimainkan secara berurutan, horzontal, paralel, pokoknya antara satu nada dengan yang lain tidak (/tidak dimaksudkan untuk/) dimainkan secara bersamaan.... punya yang istilahnya Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen). anggaplah :
antiseden adalah do-re-mi-fa-sol-la-si,
konsekuen adalah si-la-sol-fa-mi-re-do...

bingung?... sepertinya, belajar lick dangdutan aja dulu, meski kita, kamu dan aku, gak ngerti2,... masih terhibur dengan goyang mobat mabit di youtube


Harmoni: biasanya disebut kord. nah kalo yang diatas(pengertian melodi) itu kan dimainkan berurutan... kalo ini dimainkan secara bersamaan... akord, chords, grip, ato apalah...

-aduuuh, masih banyak lagi, dan yang ini pun masih susah payah untuk ngertiinnya...-

saran: ambil gitar, nyanyi knockin' on heaven's door-GnR.. sedaaapp...

belajar musik

No comments: